Rabu, 05 Oktober 2011

PMI Provinsi Jawa Tengah

04.24 |

PMI Provinsi Jawa Tengah merupakan bagian dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang lingkup kerjanya mencakup seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah dengan tujuan membantu meringankan penderitaan sesama manusia apapun sebabnya, tanpa memandang suku bangsa, adat istiadat, ras dan agama baik masa perang maupun masa damai, secara nasional maupun internasional.

PMI Provinsi Jawa Tengah berdiri pada tahun 1967 atas usulan dari dr. Brotoseno yang dukungan PMI di tingkat Cabang Kota maupun Kabupaten Se-Jawa Tengah dan kemudian diusulkan ke PMI Pusat. Hal ini karena telah didirikannya PMI di tingkat Kota dan Kabupaten Se-Jawa Tengah dan tingginya tingkat kebutuhan bagian organisasi PMI yang mampu mengkoordinir seluruh PMI Cabang Se-Jawa Tengah dan mampu menyampaikan aspirasi ke PMI Pusat dan mampu menjalankan fungsi dalam menyampaikan semua kebijakan dari PMI Pusat hingga sampai ke PMI Cabang.

Sejak kali pertama berdiri, Markas PMI Provinsi Jawa Tengah telah mengalami lima kali perpindahan markas. Di tahun pertama hingga tahun 1969 PMI Provinsi Jawa Tengah bertempat di CV Wadiono yang berada di Jl. Bon Lama komplek Pelabuhan Semarang dan di tahun 1969 hingga 1995 Markas PMI Provinsi Jawa Tengah berbagi tempat dengan Markas milik PMI Cabang Kota Semarang. Selama dengan PMI Cabang Kota Semarang, juga telah mengalami perpindahan tempat yang semula di Jl. Bojong Semarang berpindah di Jl. Soegiopranoto Semarang. Kemudian di tahun1995, PMI Provinsi Jawa Tengah telah memiliki bangunan sendiri di Jl. Telaga Bodas. Karena bangunan di Jl. Telaga Bodas kurang memadai untuk kegiatan PMI Provinsi Jawa Tengah  yang semakin banyak maka Markas berpindah  Jl. Tanjung No 11A Semarang  yang merupakan bangunan milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah hingga sekarang ini.

Tampuk kepemimpinan PMI Provinsi Jawa Tengah telah mengalami empat kali pergantian pimpinan. Di tahun 1967 hingga 1969 jabatan Ketua dipegang oleh dr. Brotoseno. Pada tahun 1969 hingga 2001 dengan mengalami beberapa kali MUKERDA jabatan Ketua Pengurus PMI Provinsi Jawa Tengah diserahkan pada Bapak Wardiono. Prof. Satoto juga dipercaya untuk memegang jabatan Ketua pada tahun 2001 hingga tutup usia di tahun 2007. Kemudian dari tahun 2007 hingga sekarang jabatan Ketua Pengurus PMI Provinsi Jawa Tengah diemban oleh H. Sasongko Tedjo, SE, MM.

Layanan yang disediakan oleh PMI Provinsi Jawa Tengah meliputi :
1. Pelayanan Penanganan Bencana.
2. Pelayanan Kesehatan.
3. Program Peningkatan Fungsi Peran Komunikasi dan Informasi.

Dalam masa kepengurusan PMI Provinsi Jawa Tengah periode 2006-2011, PMI Provisi Jawa Tengah memiliki 35 Cabang yaitu: PMI Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Demak, Kabupaten Semarang, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Kudus, Kabupaten Blora, Kota Surakarta, Kabupaten Sragen, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karangayar, Kabupaten Klaten, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Batang, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Purbalingga, dan PMI Kabupaten Banjarnegara.

Kini telah berdiri Unit Transfusi Darah Mandiri di PMI Kabupaten Banyumas. Unit Transfusi Darah Cabang tersebut dinilai berhasil oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla sebagai UTDC berkonsep mandiri yang patut dicontoh oleh PMI provinsi lainnya.

PMI Provinsi Jawa Tengah diperkuat dengan jumlah personilnya yang hampir mencapai angka 100.000 orang. Lebih rinci, disebutkan bahwa;

Anggota PMR  sejumlah 84.054 orang, terdiri dari:
1. PMR Mula sejumlah 7321 orang
2. PMR Madya sejumlah 46.315 orang
3. PMR Wira sejumlah 30.418 orang

Anggota Relawan sejumlah 5098 orang, terdiri dari:
1. KSR sejumlah 4177 oarang
2. TSR sejumlah 921 orang

Selebihnya, ditambah dengan beberapa orang karyawan PMI Propinsi Jawa Tengah sebanyak 33 orang, yang terdiri dari 7 orang karyawan UTTD dan 26 orang lainnya adalah karyawan Markas PMI Provinsi Jawa Tengah.*



Email:  infokom@pmi-jateng.or.id
Telepon: 024 - 3581424

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peliharaanku