Rabu, 12 Oktober 2011

PMI Daerah Kalimantan Tengah

07.17 |

Propinsi Kalimantan  Tengah merupakan propinsi terluas ketiga di Indonesia setelah Papua dan Kalimantan Timur. Luas wilayah Kalimantan Tengah adalah 155.885,64 kilometer persegi, secara astronomis terletak 111º BT hingga 116º Bujur Timur dan 0º 45´ Lintang Utara serta 3º 30´ Lintang Selatan.

Kalimantan Tengah merupakan tempat yang cukup damai dan tentram. Secara geologis ancaman bencana alam gempa bumi / tsunami tanah longsor atau banjir besar belum pernah terjadi di daerah ini. Persoalan kabut asap yang terjadi pun hanya bersifat temporer dan dalam kemarau yang amat ekstrim saja. Wilayah ini telah mampu memulihkan diri dari masalah internal etnisitas yang dahulu pernah terjadi. Kalimantan Tengah sekarang masih merupakan Propinsi terluas nomor 3 (tiga) di Indonesia setelah Papua dan Kaltim. Secara administrasi pemerintahan Popinsi Kalimantan Tengah terbagi menjadi 13 Kabupaten dan 1 Kota,107 Kecamatan, 1.334 desa. Berdasarkan data PMI daerah Kalimantan Tengah terbentuk sejak Tahun 1986 yang bermarkas di Jl. Letjen Soeprapto No.3 Palangka Raya (73111), Telepon / Fax (0536) 3234933 dan email: mada.kalteng@gmail.com


Kepengurusan PMI di Kalimantan Tengah masa bakti 2007 – 2012 sesuai dengan Pengesahan PMI Pusat No. 10/KEP/PP.PMI/I/2008 Tanggal  8 Januari 2008  dan pelantikan pada tanggal 16 Februari 2008.
Susunan Pengurus PMI Daerah masa bakti 2007-2012 Ketua : Drs. Nahson Taway; Wakil Ketua Bidang Organisasi dan SDM : Ir. M. Damiri MS;  Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana : Drs. Alif Abdullah; Wakil Ketua Bidang Sosial dan Kesehatan masyarakat : dr. Arnold Singarimbun, MPH; Wakil Ketua Bidang Usaha Dana dan Sarana :  Ir. Arif Budiatmo; Sekretaris : dr. Tiel Djabar; Wakil sekretaris : dr. Wineini;   Bendahara : Eryana Rahmadaniah, SH; Anggota: dr. Djono Koesanto, MPH; Ir. Rahmat Susiandi; Pandit Bawana; Ir. Herson B. Aden, Msi dan Dra. Marlinah.


PMI Daerah Kalimantan Tengah memiliki 14 PMI Cabang, yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Barito Timur dan Kabupaten Sukamara.
Kepengurusan PMI Cabang yang telah habis masa bakti pada Tahun 2009 sebanyak 6 Cabang yaitu PMI Cabang Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Lamandau.

Sumber daya manusia yang dimiliki oleh Pengurus PMI Daerah Kalimantan Tengah sebanyak 13 orang sedangkan Pengurus Cabang  154 orang, Pegawai Markas Daerah terdiri dari Kepala Markas Daerah merangkap Sekretaris Pengurus Daerah, Pegawai tetap 4 orang, staf pada 4 UTDC di PMI Cabang sebanyak  15  orang, anggota KSR (Korps Suka Rela) 238 orang, anggota TSR(Tenaga Suka Rela) 169 orang, anggota Satgana (Satuan siaga penanggulangan bencana) 30 orang, pelatih dengan berbagai spesialisasi sebanyak 34 orang dan anggota PMR mula (Sekolah dasar), anggota PMR Madya ( Sekolah Menengah Pertama), dan anggota PMR Wira (Sekolah Menengah Atas) seluruhnya berjumlah 3244 anggota.

PMI Daerah Kalimatan Tengah membentuk Markas daerah, sedangkan PMI cabang membentuk Markas cabang pada masing-masing Cabang PMI untuk menampung semua kegiatan administrasi dan operasional
Markas Daerah Kalimantan Tengah memiliki bangunan Kantor berukuran  150 meter persegi dengani sarana dan prasarana untuk  mendukung berbagai aktifitas  rutin  dan operasional PMI.  Inventaris Markas Daerah terdiri dari gedung kantor yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Propinsi Kalimantan Tengah pada lokasi yang cukup strategis dan peralatan kantor untuk menunjang kegiatan administrasi berupa meja kerja , kursi, komputer dan faxsimile serta internet serta alat transfortasi berupa mobil box, ambulance dan sepeda motor. Logistik PMI Daerah untuk Penanggulangan Bencana dititipkan di Gudang Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah karena belum memiliki Gudang logistik yang cukup untuk menampung semua barang bantuan yang tersedia.

Kegiatan dan pelayanan yang dilaksanakan oleh PMI Daerah Kalimantan Tengah diantaranya: (1). Pelayanan Penanggulangan Bencana yang focus terhadap bencana banjir dan longsor, Kebakaran hutan dan rumah serta Konflik etnis. (2) Pelayanan  Kesehatan meliputi kegiatan CBFA di Kabupaten dan Upaya Kesehatan Tranfusi Darah yang dilaksanakan  oleh UTDC di daerah Kalimantan Tengah yaitu UTDC Palangka Raya, UTDC Kotawaringin Timur, UTDC Kotawaringin Barat, UTDC Barito Utara. (3) Kegiatan  Komunikasi  dan Informasi yang menyangkut diseminasi prinsip Palang Merah dan HPI, dukungan komunikasi dan publikasi dalam peningkatan citra. (4) Pengembangan  Organisasi dengan mengadakan suvervisi ke PMI Cabang, pelatihan, pertemuan/lomba, dan pembinaan generasi muda.
PMI Daerah Kalimantan Tengah memiliki kegiatan unggulan yaitu dibidang Pelayanan Kesehatan berupa Program CBFA (Watsan) untuk menyediakan air bersih dan sanitasi. Pelaksanaan penyediaan air bersih ini lebih fokus di Kabupaten dan desa-desa di Kalimantan Tengah dimana akses pada air bersih masih sulit. Populasi yang tidak mempunyai akses terhadap air bersih 68,00 %.

Pelaksanaan program CBFA Watsan di Kalimantan Tengah baru dimulai di Kabupaten Kotawaringin Timur Kecamatan Telawang Desa Tanah Putih. Biaya dibantu oleh Perhimpunan Nasional Palang Merah Singapura dan ditunjang oleh dana dari APBD Kabupaten Kotawaringin Timur. Pada waktu yang akan datang PMI Daerah Kalimantan Tengah akan merencanakan kegiatan ini di Kabupaten Kapuas.
Luasnya wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan keterbatasan Kapasitas Organisasi Palang Merah Indonesia dan Sumber Dana menjadi tantangan berkembangnya program kemanusiaan di Kalimantan Tengah.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peliharaanku