Sabtu, 16 Mei 2009

DEFINISI PENANGGULANGAN BENCANA

23.14 |

Bencana adalah peristiwa / rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh factor alam atau non alam maupun manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis dan di luar kemampuan masyarakat dengan segala sumber dayanya.


Kata kunci penanggaulangan bencana : serangkaian upya komprehensif dalam pra-bencana, saat bencana dan pasca bencana.

Kegiatan dalam pra bencana ditujukan untuk mengurangi resiko bencana, bersifat preventif seperti :
Pencegahan
Mitigasi atau penjinakan
Kesiapsiagaan meliputi peringatan dini dan perencanaan

Saat bencana (tanggap darurat) :
  1. Peringatan atau tanda bahaya
  2. Pengakajian darurat
  3. Rencana operasi
  4. Tanggap darurat

Setelah bencana :
  1. Rehabilitatif
  2. Rekontruktif


Penanggulangan bencana tidak hanya bersifat reaktif : baru melakukan setelah terjadi bencana. Tetapi penanggulangan bencana juga bias bersifat antisipatif, melakukan pengkajian dan tindakan pencegahan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya bencana.
Bencana menimbulkan berbagai kerusakan dan kehilangan. Hal ini akan menyebabkan angka kemiskinan di suatu wilayah yang terkena bencana akan meningkat. Hal inilah yang coba diantisipasi.

Informasi yang bermanfaat bagi penanggulangan bencana tidak hanya berupa peta atau kondisi geografis yang rentan terkena bencana alam, tetapi juga potensi non fisik seperti kesenjangan komunikasi antar kelompok masyarakat.

Data-data dan hasil penerapan siklus sebenarnya berisi potensi-potensi lokal yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bencana, misalnya pengetahuan tentang system informasi dan komunikasi, yang bisa digunakan untuk secara cepat menginformasikan terjadinya bencana, atau berdirinya BKM/LKM sebagai salah satu lembaga local yang bisa berperan dalam pengoordinasian tindakan tanggap darurat bencana


0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peliharaanku