Senin, 01 November 2010

Helikopter PMI Siap Untuk Distribusi Bantuan di Mentawai

15.23 |


Upload by Ayu Andini (writer and editor of PMI website)

PMI mengerahkan 4 unit helikopter untuk distribusi bantuan di Kepulauan Mentawai. Dijadwalkan, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla akan menjenguk dan menyampaikan langsung bantuan PMI kepada para pengungsi di Kepulauan Mentawai, Minggu (31/10).Klik ke: http://www.pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=578

Memasuki hari ke-6 pascatsunami di Kepulauan Mentawai, beberapa wilayahnya masih sulit dijangkau. PMI dengan segera mengerahkan fasilitas dukungan berupa helikopter untuk operasional tanggap darurat bencana tsunami di sana.

“Ada banyak wilayah terpencil di Kepulauan Mentawai yang belum terjangkau. Sementara itu, dikhawatirkan ada banyak warga korban tsunami yang butuh bantuan. Untuk mendukung layanan bantuan kemanusiaan, PMI mengerahkan 4 unit helikopter untuk dimobilisasi membantu korban tsunami di Kepulauan Mentawai,” ujar Pengurus Pusat PMI Bidang Penanggulangan Bencana Sumarsono, Minggu (31/10).

Dijadwalkan, Minggu pagi ini (31/10) Ketua Umum PMI Jusuf Kalla beserta rombongan relawan PMI akan berangkat dari Kabupaten Muko Muko di Provinsi Bengkulu langsung menuju Kepulauan Mentawai. Mengingat, Muko Muko merupakan jalur alternatif untuk bantuan korban gempa dan tsunami Mentawai, Sumatera Barat.

Daerah ini dipilih sebagai rujukan karena jarak dari Muko Muko ke Mentawai bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit dengan menggunakan helikopter/pesawat. Lebih cepat setengah jam daripada jalur dari Padang, Sumatera Barat.

Direncanakan, Minggu pagi ini (31/10) tim helikopter PMI akan segera menuju Sikakap di Pagai Utara, Mentawai. Lokasi ini adalah basecamp para relawan dan pos distribusi bantuan PMI. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla akan menyampaikan bantuan langsung kepada para korban tsunami di Mentawai.

Berdasarkan data yang dilansir dari Posko Penanganan Tsunami Kecamatan Sikakap, Pagai Utara per 30 Oktober 2010, sebanyak 413 warga meninggal dunia, 270 luka berat, dan sekitar 140 orang mengalami luka ringan karena bencana tsunami menerjang Kepulauan Mentawai. Proses evakuasi dan distribusi bantuan terus dilakukan oleh para relawan PMI di sana.*

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Kepala Markas PMI Provinsi Sumatera Barat, Hidayatul Irwan, Hp. 08126615008.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peliharaanku