Rabu, 10 November 2010

PMI Evakuasi Korban Merapi Mengerahkan Dua Unit Hagglonds

15.20 |

Demi menembus area tersulit dan memudahkan proses evakuasi korban Merapi, PMI mengerahkan armada tangguhnya berupa dua unit Hagglonds. Tercatat, mobil segala medan ini telah beroperasi di lereng Merapi sejak hari Minggu (7/11) hingga sekarang. Klik detail: http://www.pmi.or.id/ina/publication/?act=detail&p_id=444

Upload by Ayu Andini (writer and editor for PMI Website)

Kondisi terkini di Merapi dilaporkan, masih banyak korban yang belum dievakuasi karena medan yang terlampau berat untuk ditempuh. Hujan abu yang terus menerus, jalan yang berlumpur, bahkan pasir dan tanah yang masih terasa panas di area 10 km dari puncak Merapi.

Demi menembus area tersulit dan memudahkan proses evakuasi korban Merapi, PMI mengerahkan armada tangguhnya berupa dua unit Hagglonds. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla secara langsung melepas penugasan perdana armada Hagglonds PMI di Kecamatan Cangkringan, Yogyakarta, Minggu (7/11).

”PMI mengerahkan dua unit Hagglonds untuk menembus medan yang tersulit di lereng Merapi untuk proses evakuasi korban Merapi. Dalam proses evakuasi dengan Hagglonds ini, personil PMI didukung oleh para anggota Kopassus,” tegas Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, di Yogyakarta, Minggu (7/11).

Hagglonds PMI merupakan kendaraan segala medan yang dapat menembus medan terjal, berpasir, jalan berlumpur, dan area yang sulit dijangkau dengan kendaraan biasa. Berdasarkan laporan detail operasional, Hagglonds PMI telah menembus wilayah tersulit dijangkau di Kecamatan Cangkringan.

Pada hari Minggu (7/11), Hagglonds PMI berhasil menjangkau wilayah Ngampringan dan Glagaharjo, mengevakuasi beberapa korban di sana bekerjasama dengan para personil dari Kopassus. Senin (8/11), operasi evakuasi di Glagaharjo dilanjutkan. Rampung di Glagaharjo, Hagglonds PMI bersama tim evakuasi meneruskan operasi hingga ke Desa Ngancar.

Setiap operasi evakuasi dengan Hagglonds PMI di lereng Merapi, personil PMI yang dikerahkan adalah lima orang tim spesialis evakuasi, ditambah beberapa anggota Kopassus yang juga membantu berkoordinasi dengan tim pemantau kondisi Merapi. Dari perkembangan operasionalnya, tim evakuasi masih membutuhkan bantuan fasilitas penunjang berupa sepatu tahan api, kaca mata anti debu, sarung tangan anti panas, baju/kaos lengan panjang, dan perangkat radio komunikasi berupa handy talky.*

(Foto: Dokumentasi PMI)

Dua unit Hagglonds PMI di lereng Merapi, Minggu (7/11).

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peliharaanku