Rabu, 27 Oktober 2010

Selamat Jalan, Tutur Prijono...

15.27 |

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menyatakan ucapan duka cita atas meninggalnya salah satu relawan PMI Kabupaten Bantul saat bertugas menyelamatkan warga di lereng Gunung Merapi, Selasa malam (26/10). Ia menjadi salah satu korban yang meninggal karena terkena awan panas Gunung Merapi. Klik ke: http://www.pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=575

Posko Markas PMI Yogyakarta menyampaikan, dari lampiran data pemerintah setempat, peristiwa meletusnya Gunung Merapi pada Selasa sore kemarin (26/10) telah merenggut nyawa 16 orang. Satu diantaranya, adalah relawan PMI Kabupaten Bantul yang tengah bertugas membantu evakuasi warga di wilayah Sleman.

”Salah satu relawan kami telah meninggal dunia dalam tugasnya. Tutur Prijono, pada Selasa malam tadi meninggal dunia karena terkena serangan awan panas Gunung Merapi saat berupaya menyelamatkan warga Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, di Kabupaten Sleman,” tegas Titus Hapsara, Pengurus PMI Yogyakarta, Selasa dini hari (26/10). Wilayah tersebut berada di lingkaran Kawasan Rawan Bencana (KRB) III yang hanya berjarak 4-5 km dari puncak Merapi.

Atas peristiwa ini, pada Rabu pagi ini (27/10) Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengucapkan, ”Kami dari seluruh jajaran PMI mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya relawan PMI saat tugas peenyelamatan warga di lereng Merapi. Tutur Prijono menjadi salah satu pahlawan kemanusiaan. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.”

Ia juga menyatakan bahwa PMI memberikan penghargaan berupa santunan kepada keluarga Tutur Prijono. Teriring pula doa dan rasa duka cita mendalam dari segenap staf dan relawan PMI kepada almarhum Tutur Prijono dan keluarga yang ditinggalkan. Semoga seluruh pengabdiannya selama menjalankan tugas-tugas kemanusiaan PMI, akan selalu dikenang oleh anak negeri sebagai contoh yang mulia. Kepada anggota keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan.

Sementara itu, dari Posko Markas PMI Kabupaten Sleman dilaporkan hingga Rabu pagi ini, jumlah warga yang mengungsi mencapai 14.754.000 yang tersebar di 9 lokasi barak pengungsian. PMI Kabupaten Sleman mengerahkan 50 relawan dan 6 unit ambulans dalam operasi respon tanggap darurat Gunung Merapi. Operasi distribusi bantuan juga telah dilakukan. Bantuan PMI berupa 650 masker, 1.750 tikar, 500 selimut, air minum kemasan sebanyak 9.600 botol.*

(Dok. Foto dari Humas Markas Pusat PMI)

PMI

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peliharaanku