Jumat, 18 Juni 2010

Pusat Pengelolaan Air dan Sanitasi Darurat Telah Dimiliki PMI

16.42 |


Mendukung kesiapsiagaan darurat bencana, PMI menggelar ”Peresmian Pusat Air dan Sanitasi Darurat” di Jl. Kiara Payung Kompleks Belakang Universitas Winaya Mukti Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu, 15 Mei 2010.

Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI merupakan salah satu layanan respon darurat bencana yang telah memberikan kontribusinya selama hampir 6 tahun. Pada operasi awalnya, program air dan sanitasi darurat PMI merupakan program dukungan Palang Merah Spanyol.

Sejak awal, para relawan PMI telah terlibat sebagai personil Emergency Response Unit Water and Sanitation (ERU Watsan) dalam kegiatan respon darurat bencana di berbagai tempat. PMI memperoleh dukungan Palang Merah Spanyol, berupa perlengkapan operasional sekaligus areal gudang penyimpanan mesin-mesin pengolahan air bersih di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

Operasionalnya di Indonesia di awali dari penanganan bencana alam gempa bumi dan tsunami di Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumatera Utara tahun 2004. Saat itu, Emergency Response Unit Water and Sanitation (ERU Watsan) Palang Merah Spanyol (Spanyol Red Cross) mengirimkan unitnya (peralatan dan personilnya) ke Aceh dibawah koordinasi IFRC (International Federation of Red Cross and red Crescent) untuk menangani penyediaan air dan pengelolaan sanitasi bagi korban bencana selama masa darurat.

“Dalam rangka mendukung program kesiapsiagaan darurat bencana, dengan ini PMI meresmikan Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI. Ditargetkan, pusat layanan ini mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam respon darurat bencana baik nasional maupun skala internasional,” ucap Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam acara peresmian Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI di Jatinangor, Sumedang, Sabtu (15/5).

Berdasarkan data, program air dan sanitasi darurat PMI di bawah Divisi Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat Markas Pusat PMI, telah memberikan kontribusinya dalam operasi darurat bencana tsunami di Aceh (2004), gempa bumi di Nias (2005), gunung meletus dan gempa bumi di Yogyakarta (2006), banjir di Jakarta, Jawa Barat, dan Banten (2007), banjir di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur (2008), gempa bumi di Sumatera Barat (2009), dan banjir di Karawang – Jawa Barat (2010).

Layanan ini juga telah memiliki catatan pengalaman dalam operasi darurat bencana skala internasional, yaitu Operasi Gabungan PMI bersama Palang Merah Spanyol di Pakistan (2007), Operasi Gabungan di China (2008) dan terkini, dua relawan spesialis air dan sanitasi darurat PMI terlibat dalam operasi darurat bencana gempa bumi di Haiti (2010).

Rampung acara penandatanganan prasasti Gedung Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla juga meninjau langsung kelengkapan fasilitas Gedung Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI dan mencicipi air minum hasil pengolahan air bersih dari PMI.

Turut hadir dalam acara peresmian ini, Ibu Mufida Jusuf Kalla, para perwakilan dari Palang Merah Spanyol, Ketua Delegasi Komite International Palang Merah Vincent Nicod, Ketua Delegasi Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional Bob McKerow, perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, jajaran Pengurus Pusat PMI, para pengurus PMI Provinsi Jawa Barat, dan segenap tim kerja Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima bantuan dari PT. Pertamina kepada PMI, berupa 2 unit mobil ambulans.*
http://www.pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=451

(Dok. Foto Oleh Ayu N. Andini, Staf Humas Markas Pusat PMI)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: dr. Lilis Wijaya, Kadiv. Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat Markas Pusat PMI, Telp. 021-7992325 Ext.204, Fajar Sumirat, Staf Khusus Pusat Air dan Sanitasi Darurat PMI, Hp. 081387150687. Email: pmi@pmi.or.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peliharaanku