Minggu, 18 Juli 2010

Pelatihan Bank Darah Rumah Sakit

16.47 |

Pusat Pedidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) PMI Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan Pe latihan Bank Darah Rumah Sakit sejak 26 April hingga 1 Mei 2010 di Sambiroto, Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 25 analis kesehatan dari berbagai rumah sakit di Jateng dengan fasilitator dari Unit Tran sfusi Darah (UTD) PMI Pusat Jakarta, UTD PMI Provinsi Jawa Tengah, Fakultas Kedokteran Unversitas Diponegoro Semarang, dan Bank Darah RSUP dr. Kariadi Semarang.

Terkait dengan pentingnya distribusi darah yang aman dan berkualitas, PMI bekerjasama dengan Departemen Kesehatan RI menyusun konsep Bank Darah Rumah Sakit. Dengan konsep ini maka distribusi darah dilakukan secara tertutup, sehingga keamanan darah akan terjaga dan terjamin.

“PMI Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Bank Darah Rumah Sakit dengan tujuan agar dalam melaksanakan tugas bersama rumah sakit, dapat sejalan dan selaras sehingga darah transfusi yang aman dan berkualitas baik juga dapat dipertanggungjawabkan,” ucap Kepala Unit Transfusi Darah Daerah (UTDD) PMI Provinsi Jateng dr.Hj Banundari Rachmawati, SpPK(K).

Di sisi lain, pelatihan ini juga sangat bermanfaat untuk pihak rumah sakit karena dalam system Akreditasi Rumah Sakit, salah satu bidang yang dinilai adalah Bank Darah Rumah Sakit. Berdasarkan data sementara dari Dinas Kesehatan setempat, hingga saat ini baru beberapa rumah sakit yang sudah mempunyai Bank Darah dan sudah lulus akreditasi. Hal ini disebabkan berbagai hal, diantaranya adalah kesiapan rumah sakit dalam menyiapkan sarana, prasarana dan sumber daya manusia petugas pelaksana Bank Darah Rumah Sakit.*



Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: dr. Banundari Rachmawati, SpPK(K), Kepala Unit Transfusi Darah daerah (UTDD) PMI Prov.Jateng, 08122875120. Kontak Media: M. Nashir Jamaludin, Hp. 081228011456. Email: pmi@pmi.or.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peliharaanku