Selasa, 18 Mei 2010

Buku ABC Hukum Humaniter Diluncurkan ICRC

16.40 |


Komite Internasional Palang Merah atau ICRC dan Kedutaan Besar Swiss di Jakarta meluncurkan buku bertajuk “ABC Hukum Humaniter Internasional” di Jakarta, Rabu (19/5). Tujuan diluncurkannya buku tersebut adalah untuk menjelaskan konsep-konsep kunci hukum humaniter internasional dan membuat para pembacanya mengenal cabang khusus dari hukum internasional.

Hadir dalam acara ini Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, Duta Besar Swiss Heinz Walker-Nederkoorn, dan Kepala Perwakilan ICRC di Jakarta, Patrick Megevand. Sebagai key note speaker, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menjelaskan bahwa buku ini sangat penting sebagai sebuah pedoman bagi para pihak yang sedang bertikai atau berperang untuk selalu dapat menghormati warga sipil yang selalu menjadi korban perang atau konflik.

“Di setiap peperangan atau konflik, pasti selalu menyebabkan korban. Adalah hak dan kewajiban kita untuk bisa menerapkan Hukum Humaniter Internasional agar korban jatuh bisa terhindari. Apalagi Indonesia adalah negara yang telah meratifikasi Konvensi Jenewa, sudah sepatutnya bisa melaksanakan hukum ini,” jelas Jusuf Kalla dalam acara peluncuran buku “ABC Hukum Humaniter Internasional” di Hotel Le Meridien, Jakarta (19/5).

Ditambahkan Jusuf Kalla, makna dari Hukum Humaniter Internasional ini sendiri adalah untuk menjaga unsur kemanusiaan.

“Kita harus bisa mencegah timbulnya korban dengan selalu siapsiaga sebelum terjadi konflik maupun perang. Inilah makna dari Hukum Humaniter Internasional,” tambahnya.

Sementara itu saat membuka acara, Duta Besar Swiss Heinz Walker-Nederkoorn menekankan pada dukungan negara Swiss dalam pembuatan buku tersebut sekaligus penggunaan Hukum Humaniter Internasional.

“ICRC dan negara Swiss memiliki hubungan yang sangat dekat. Seperti yang diketahui bapak Palang Merah Henry Dunant adalah warga Swiss. Dan saya sangat mendukung diterapkannya hukum humaniter internasional di negara-negara, termasuk Indonesia, dalam suatu peperangan atau konflik,” kata Duta Besar Swiss Heinz Walker-Nederkoorn.

Di tengah acara peluncuran buku ini, juga digelar diskusi panel yang menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan, yaitu akademisi, TNI, dan ICRC sendiri. Di akhir acara, Duta Besar Swiss menyerahkan buku “ABC Hukum Humaniter Internasional” kepada mitra ICRC, termasuk PMI.*



(Dok. Foto Oleh Indra Yogaswara, Staf Divisi Komunikasi Markas Pusat PMI)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Kantor ICRC Delegasi Indonesia, Tlp. 021-739 6756 atau 720 7252. Email: pmi@pmi.or.id

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Peliharaanku